Selasa, 10 April 2012

Tertibkan Gerbong Khusus Wanita Prameks Warna Ungu


Rabu, 11/04/2012 11:36 WIB
Tertibkan Gerbong Khusus Wanita Prameks Warna Ungu
Anitana Widya Puspa - suaraPembaca


Yogyakarta - Saya merupakan pelanggan setia kereta api Prambanan Ekspress (Prameks), saya merasa senang dengan adanya gerbong khusus wanita yang disediakan oleh Prameks.

Gerbong khusus ini biasanya terdiri atas 2 hingga 3 gerbong. Adanya gerbong khusus wanita ini membuat saya merasa lebih nyaman untuk menghindari desak-desakkan antara kaum wanita dengan pria saat kereta sedang padat penumpangnya yang memungkinkan teradinya pelecehan.

Sejauh pengamatan saya para petugas dengan tertib dan tegas mengusir setiap penumpang pria yang masuk kegerbong khusus wanita tersebut bahkan termasuk pasangan kekasih ataupun suami istri.

Selain itu para petugas tidak membiarkan wanita di gerbong khusus wanita berdiri, sedapat mungkin semua wanita mendapatkan tempat duduk. Petugas dengan tegas menegur penumpang yang cuek untuk mengefektifkan tempat duduk.

Kalaupun memang sudah benar-benar penuh penumpang yang berdiri dipindahkan ke gerbong lain yang masih tersisa tempat duduk. Untuk para petugas ini saya angkat topi, mereka melaksanakan tugas dengan disiplin tanpa mempedulikan sepadat apa pun penumpang hari itu.

Namun kekaguman saya hanya terjadi kepada para petugas yang bekerja di kereta api Prameks warna kuning, sebab pada kereta api Prameks yang berwarna ungu yang terjadi adalah sebaliknya.

Terhitung sudah 3 kali, termasuk minggu lalu ketika saya menggunakan kereta api Prameks warna ungu, saya juga duduk di gerbong khusus wanita. Tetapi ada hal yang janggal karena di gerbong khusus wanita terdapat beberapa orang pria yang duduk.

Awalnya saya mengira mereka adalah penumpang yang nekat karena belum kena tegur oleh petugas.Tak lama kemudian petugas datang, namun membiarkan begitu saja. Padahal tertera di dinding gerbong, "GERBONG KHUSUS WANITA".

Tentunya ketidakpedulian petugas membuat saya merasa jengkel karena merasa gerbong kusus wanita tersebut menjadi tidak ada fungsinya.

Oleh karenanya saya berharap agar kereta api Prameks untuk menertibkan fungsi gerbong khusus wanita tidak hanya pada Prameks warna kuning saja.

source:http://suarapembaca.detik.com/read/2012/04/11/113648/1889673/283/tertibkan-gerbong-khusus-wanita-prameks-warna-ungu

0 komentar: